Transformasi Digital DPMPTSP Kota Tangerang: Menyongsong Era Pelayanan Publik yang Lebih Efisien dan Inklusif

by -92 Views
SHARE DI SINI

Bangkitnews | Kota Tangerang, Perkembangan teknologi telah membawa dampak signifikan terhadap pola tata kelola pelayanan publik di Kota Tangerang. Permintaan masyarakat akan akses yang lebih mudah dan transparan dalam mengurus berbagai keperluan telah mendorong Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang untuk mengambil langkah-langkah inovatif.

 

Salah satu langkah penting yang diambil adalah pengembangan sistem pelayanan online melalui integrasi platform perizinanonline.tangerangkota.go.id. Dengan adanya portal ini, masyarakat kini dapat mengurus berbagai perizinan dan layanan secara elektronik, menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya dibutuhkan.

 

Tidak hanya menurut  Taufik Syahzaeni, ST, M.Si, M.Sc  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang juga telah terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS), memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha secara langsung melalui satu portal tunggal. Langkah ini tidak hanya mengurangi birokrasi tetapi juga mengakselerasi proses investasi di kota.

 

“kinerja DPMPTSP Kota Tangerang menunjukkan peningkatan yang signifikan diataranya Waktu penyelesaian perizinan semakin baik, Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Tangerang cukup tinggi yaitu 89,31 (Sangat Baik). Selain itu Jumlah investasi di Kota Tangerang semakin meningkat,” Kata Taufik Syahzaeni ke awa media

 

Lanjutnya, Seperti diketahui bahwa Sebagaimana diketahui apaian investasi Kota Tangerang tahun 2023 mencapai Rp14,99 triliun atau 155,05 persen. Jumlah ini melampaui target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangerang tahun 2023 sebesar Rp9,67 triliun.

 

 

Empat sektor terbesar yang menyumbang nilai investasi di Kota Tangerang sepanjang tahun 2023 adalah sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran, Sektor Jasa Lainnya, Sektor Industri Kimia dan Farmasi, serta Sektor Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi.

 

Selain berfokus pada digitalisasi layanan, DPMPTSP Kota Tangerang juga memprioritaskan peningkatan kapasitas SDM. Melalui kerjasama dengan Balai Diklat Kementerian Investasi/BKPM, para pegawai DPMPTSP Kota Tangerang terus mengikuti diklat teknis untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

Dalam hasil evaluasi, kinerja DPMPTSP Kota Tangerang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Waktu penyelesaian perizinan semakin membaik, dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Tangerang juga mencapai angka yang sangat baik.

 

Hal ini juga tercermin dari peningkatan investasi di Kota Tangerang yang mencapai Rp14,99 triliun pada tahun 2023, melebihi target yang telah ditetapkan dalam RPJMD. Dengan fokus pada sosialisasi dan edukasi masyarakat tentang layanan yang tersedia, DPMPTSP Kota Tangerang terus berkomitmen untuk membangun Kota Tangerang yang semakin modern dan memberikan pelayanan yang semakin prima bagi seluruh lapisan masyarakat.

 

Dalam era digitalisasi ini, DPMPTSP Kota Tangerang menjadi pionir dalam transformasi pelayanan publik yang lebih efisien dan inklusif, mencerminkan komitmen dalam menghadirkan pelayanan yang terbaik bagi warga Kota Tangerang.

( adv )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.