Kota Tangerang Raih Peringkat Kedua Terbaik dalam Transaksi Digital Pajak dan Retribusi Daerah di Provinsi Banten

by -52 Views
SHARE DI SINI

BANGKITNEWS | KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) berhasil meraih peringkat kedua terbaik se-Provinsi Banten dalam penerapan transaksi digital pajak dan retribusi daerah. Penghargaan ini diterima dalam acara DIGIWARA FUN FEST 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Banten di Mal Bintaro Jaya XChange, yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 9 Juni 2024.

Acara pembukaan DIGIWARA FUN FEST 2024 pada Rabu (5/6/2024) dihadiri oleh Pj. Gubernur Banten, Dr. Al Muktabar, M.Sc, serta para Wali Kota dan Bupati se-Provinsi Banten. Pada kesempatan tersebut, Kota Tangerang menerima penghargaan DIGIWARA AWARD 2024 dengan tema “Inovasi, Digitalisasi,” sebagai predikat terbaik kedua dalam penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Kriteria penilaian penghargaan ini mencakup beberapa indikator, di antaranya:
1. Persentase penerimaan pajak dan retribusi daerah secara digital (nontunai) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).
2. Rasio PAD terhadap total pendapatan daerah.
3. Persentase belanja daerah menggunakan Kartu Kredit Indonesia (KKI) segmen pemerintah terhadap total belanja barang dan jasa.
4. Kesiapan infrastruktur pendukung ETPD dengan menggunakan proxy indikator utilisasi alat perekam pajak.

Kepala Bapenda Kota Tangerang, Kiki Wibhawa, mengungkapkan kebanggaannya atas penghargaan ini. “Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan komitmen Kota Tangerang dalam mengembangkan pembayaran digital di lingkungan pemerintah daerah dan masyarakat pada umumnya. Kami juga ingin mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan yang diberikan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dalam memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, lembaga keuangan, dan masyarakat,” ujar Kiki Wibhawa.

Kiki juga menambahkan bahwa berbagai inovasi telah lahir di Kota Tangerang untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. “Di Kota Tangerang banyak inovasi yang lahir seperti aplikasi Tangerang Live, fitur Tim Sport, pembayaran digital di pasar anyar, sistem pembayaran TOB pada Bus Tayo, aplikasi Trans Tangerang Tayo, dan masih banyak lagi. Ini adalah langkah progresif kami dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, Bapenda Kota Tangerang juga turut berpartisipasi dalam acara DIGIWARA FUN FEST 2024 dengan membuka booth pelayanan untuk memperkenalkan inovasi-inovasi pembayaran pajak dan retribusi yang ada di Kota Tangerang, termasuk aplikasi Tangerang Live, Super Apps Tangerang Ayo, serta berbagai metode pembayaran digital lainnya.

Diharapkan, kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Tangerang, Bank Indonesia, dan masyarakat dapat terus berlanjut dan menghasilkan dampak positif dalam memajukan ekosistem pembayaran digital di Provinsi Banten. Terobosan-terobosan baru yang tercipta melalui kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi kemajuan sektor ekonomi dan keuangan.

“Terima kasih kami ucapkan atas partisipasi masyarakat Kota Tangerang yang terus meningkatkan transaksi melalui digital untuk pembayaran pajak dan retribusi,” tutup Kiki Wibhawa. ( ADV )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.