DPRD Kota Tangerang Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Alun-Alun Ahmad Yani

by -119 Views
SHARE DI SINI

BANGKITNEWS | KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang mengadakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Alun-Alun Ahmad Yani pada Sabtu (01/06/2024). Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo, Penjabat (Pj) Walikota Tangerang Dr. Nurdin, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, serta pejabat lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

Dalam upacara tersebut, Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo, membacakan teks Pancasila dengan khidmat di hadapan peserta upacara. Ia mengenakan pakaian adat tradisional Betawi, menambah nuansa kebudayaan lokal dalam peringatan tersebut. Selain itu, Gatot juga membagikan bendera merah putih kepada berbagai organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di Kota Tangerang.

Saat ditemui usai kegiatan, Gatot Wibowo menyatakan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila dapat menjadi sarana pemersatu bangsa, menjaga kesatuan dan persatuan dalam bingkai NKRI. “Peringatan ini harus semakin menambah kecintaan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan, menjadi momentum penting bagi anak bangsa,” ujarnya.

Gatot juga menekankan pentingnya menjaga dan memperkuat ideologi Pancasila sebagai dasar negara. “Dengan kesadaran dan kesatuan dalam menjaga keutuhan Pancasila, kita dapat melangkah maju sebagai bangsa yang berdaulat, adil, dan makmur,” terangnya.

Ia menambahkan, kontribusi nyata yang dapat dilakukan untuk membangkitkan ideologi Pancasila adalah dengan menerapkan setiap butir dari Pancasila sebagai dasar dan falsafah hidup bangsa. “Kita semua sebagai warga negara harus memberikan kontribusi yang mampu melindungi Pancasila dari berbagai rongrongan. Salah satunya adalah dengan menerapkan butir-butir yang terkandung di Pancasila,” tutupnya.

Upacara ini menegaskan komitmen Pemerintah Kota Tangerang dalam menjaga dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat. Diharapkan, semangat persatuan dan kesatuan yang diusung dalam peringatan ini dapat terus menginspirasi warga Tangerang dalam kehidupan sehari-hari. ( ADV )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.