Tumbuhkan Minat Baca DPAD Kota Tangerang Galakkan Program Mobil Perpustakaan Keliling

by -30 Views
SHARE DI SINI

Bangkitnews | Kota Tangerang, Demi meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang terus menggalakkan program Mobil Perpustakaan Keliling. Setiap harinya, mobil ini menjelajah pusat keramaian untuk mendekatkan masyarakat dengan dunia literatur.

RANA RACHDIANA – S.Sos, M.Si, Kepala Sekretaris DPAD Kota Tangerang, mengungkapkan bahwa setiap unit Mobil Perpustakaan Keliling dapat mencapai beberapa lokasi dalam sehari. Sebagai contoh, pada Senin (25/3/2024), mobil tersebut berada di Masjid Raya Al Azhom Kota Tangerang.

“Menghadirkan akses literatur dan meningkatkan minat baca selama bulan Ramadan 2024, DPAD telah membangun Perpustakaan Mini dan perpustakaan di kampung tematik. Namun, mobil Perpustakaan Keliling memberikan pengalaman yang unik dalam membaca, diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam mencari informasi dan pengetahuan,” ungkap Rana Rachdiana.

Satu unit Mobil Perpustakaan Keliling mampu membawa hingga 250 jenis buku, mulai dari novel, cerita bergambar, ensiklopedia, hingga buku ekonomi dan bisnis. Fasilitas ini tersedia untuk semua kalangan masyarakat tanpa batasan usia, memberikan layanan jasa perpustakaan yang terbuka dan mengizinkan pengunjung untuk memilih bahan pustaka secara bebas.

“Diharapkan dengan adanya Mobil Perpustakaan Keliling ini, kesenjangan dalam akses informasi dapat dikurangi. Hal ini dapat membantu individu yang mungkin kurang memiliki motivasi atau dukungan dalam mendapatkan informasi, serta mengatasi kendala akses terhadap sumber informasi,” tambahnya.

Program Mobil Perpustakaan Keliling Kota Tangerang diharapkan dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk lebih dekat dengan kegiatan literasi, terutama selama bulan Ramadan yang menjadi momen refleksi dan peningkatan spiritual bagi umat muslim. ( adv )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.