Tiba Lagi: Lebih dari 200 Pengungsi Rohingya Berlabuh di Pidie, Aceh

by -93 Views
SHARE DI SINI

Bangkitnews | Banda Aceh- Lebih dari 200 etnis Rohingya tiba di wilayah Kabupaten Pidie, Aceh, dan langsung memasuki sebuah perkampungan serta singgah di mushala Gampong Kulee, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie.

Dikutif dari ANTARA , Pada Minggu, Camat Batee, Ihsan, mengungkapkan bahwa sekitar 220 pengungsi Rohingya tiba sekitar pukul 03.00 WIB dan telah menetap di pekarangan meunasah (mushala). Mereka terdiri dari 68 lelaki dewasa, 79 perempuan dewasa, dan 73 anak-anak.

Pendatang tersebut, yang tiba dengan kapal motor, saat ini masih berada di Meunasah dan sedang didata oleh pihak keamanan, IOM, serta UNHCR.

“Saat ini, banyak anak-anak terlihat lemas dan kami telah memberikan bantuan obat-obatan serta makanan,” kata Ihsan.

Keuchik Gampong Kulee, Tengku Muhammad, mengaku tidak mengetahui rute yang mereka tempuh hingga tiba di perkampungan tersebut.

“Secara tiba-tiba, warga melihat etnis Rohingya sudah berada di pekarangan meunasah dan beristirahat di sana,” ujar Tengku Muhammad.

Sebanyak 220 pengungsi Rohingya ini merupakan rombongan ketiga yang tiba di Pidie, setelah sebelumnya dua kapal yang membawa 347 orang dievakuasi oleh pemerintah ke tempat penampungan sementara.

Dalam pekan ini, Aceh telah kedatangan ratusan pengungsi Rohingya. Pada Selasa (14/11), sebanyak 200 orang tiba di pantai Gampong Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, di mana enam di antaranya melarikan diri.

Sehari setelahnya, pada Rabu (15/11), sebanyak 147 pengungsi Rohingya kembali mendarat di pantai Beurandeh, Kecamatan Batee, Kabupaten Pidie.

Pengungsi Rohingya dari dua gelombang kedatangan ini saat ini ditampung di kamp Yayasan Mina Raya, Gampong Leun Tanjung, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Aceh.

( RD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.