Tips Liburan Akhir Tahun bagi Ibu Menyusui

by -229 Views
SHARE DI SINI

SIDIKPOST |Jakarta, Merencanakan liburan akhir tahun dapat menjadi tantangan tersendiri bagi ibu yang sedang menyusui bayinya. Menyikapi hal ini, pendiri jenama produk kesehatan ibu menyusui, Uung Victoria Finky, atau akrab disapa Mom Uung, memberikan saran bagi para ibu yang harus memompa ASI atau menerapkan metode exclusive pumping (eping) agar produksi ASI tetap optimal selama liburan.

Dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu (20/12), Mom Uung menekankan pentingnya persiapan perlengkapan pompa ASI untuk menjaga produksi ASI tetap konsisten selama liburan. “Gimana caranya tetap bisa pumping tapi tetap bisa liburan, karena mama pompa ini berpacu dengan waktu, karena kalau nggak pompa produksi ASI-nya bisa kosong,” ungkapnya., dilansir dari ANTARA

Menurut Mom Uung, kunci keberhasilan bagi ibu yang memompa ASI adalah disiplin waktu. Semakin sering memompa, produksi ASI akan semakin banyak. Ia juga memberikan tips agar ibu bisa nyaman saat melakukan pumping, seperti memanfaatkan waktu istirahat di rest area dan mempersiapkan cooler bag beserta ice gel beku untuk menjaga kesegaran ASI selama 6-8 jam.

Selain itu, Mom Uung menyarankan penggunaan alat pompa ASI yang memudahkan ibu untuk beraktivitas, seperti pompa ASI handsfree. “Tipsnya kalian boleh sedia cooler bag, tas ASI untuk nahan dingin, diisi ice gel yang dibekukan itu kurang lebih bisa tahan 6-8 jam di jalan, jadi kalau sudah waktunya jam pompa berhenti di rest area, sekarang ada produk yang memudahkan ibu, salah satunya Mom Uung punya handsfree breast pump, portabel, itu memudahkan sekali,” jelasnya.

Mom Uung juga memberikan informasi bahwa ASI yang sudah diperah bisa bertahan di suhu ruang selama 2 jam dalam kemasan kantong khusus ASI. Jika perjalanan tidak melebihi 6 jam, ASI yang sudah diperah bisa dimasukkan ke dalam lemari pembeku atau freezer. Selain itu, jika ingin memberikan ASI langsung kepada bayi, ASI perah dapat dihangatkan dengan merendam kantong ASI dalam air hangat dan kemudian dipindahkan ke dalam botol susu.

Ia juga mengingatkan para ibu untuk memperhatikan asupan cairan dan menjaga pola makan yang tepat waktu. “Jangan lupa minum air karena kalau sudah traveling, minum sesempatnya, makan sesempatnya, repot ngurus anak, karena makan itu memengaruhi produksi ASI,” pungkas Mom Uung.

( ANTON )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.