Potensi Hujan Lebat dan Badai Mengancam Sejumlah Daerah di Indonesia

by -216 Views
SHARE DI SINI

Bangkitnews | jakarta, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia pada hari ini, Sabtu (25/11).

Daerah yang diidentifikasi memiliki risiko tinggi terkena hujan lebat dengan curah hujan lebih dari 50 milimeter dan angin kencang melebihi 45 kilometer per jam meliputi sejumlah provinsi di seluruh Indonesia.

Menurut laman resmi BMKG, sejumlah provinsi yang diimbau untuk mewaspadai hujan lebat meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, hingga ke daerah-daerah di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sementara itu, wilayah seperti Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, hingga Kalimantan juga diperingatkan terhadap kemungkinan terjadinya angin kencang.

Potensi cuaca buruk ini bahkan dapat berujung pada hujan badai atau badai petir di beberapa daerah seperti Aceh, Sumatera Barat, Jawa, hingga ke wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Hal ini terjadi setelah Indonesia mengalami masa kekeringan yang panjang, menjadikan tahun 2023 sebagai tahun dengan suhu terpanas sepanjang sejarah catatan iklim.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah II, Hartanto, menyatakan bahwa meskipun Indonesia masih relatif aman karena kelembaban dan posisinya yang dikelilingi oleh samudera luas, tetapi potensi cuaca ekstrem ini tetap harus diwaspadai. Musim hujan diprediksi mencapai puncaknya pada Januari dan Februari 2024.

Namun, Jakarta dan sekitarnya telah memasuki musim hujan pada November 2023, sehingga masyarakat dan pihak terkait diimbau untuk mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi.

“Kami melihat potensi hujan deras di beberapa tempat sudah terjadi. Kami meminta pemda merapikan pohon-pohon di daerah lintasan aktivitas manusia agar tidak terjadi pohon tumbang,” ungkap Hartanto sebagai langkah pencegahan yang perlu diambil.

( RD )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.