Petugas Lapas Tangerang Menggagalkan Upaya Penyelundupan Sabu dalam Masakan Tumis Cumi

by -517 Views
SHARE DI SINI

Bangkitnews | Tangerang, Petugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Tangerang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu yang diduga dimiliki oleh seorang pengunjung perempuan yang hendak melakukan kunjungan ke Lapas.

Menurut Yuliana, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Tangerang, dalam keterangan tertulis yang diterima pada Kamis (16/11), mereka menemukan lima paket yang diduga berisi sabu tersembunyi di dalam masakan tumis cumi.

Pengunjung tersebut berinisial SU dan hendak menjenguk salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan dengan inisial NS.

Yuliana menjelaskan kejadian dimulai ketika pengunjung mendaftar untuk kunjungan sekitar pukul 10.30 WIB. Setelahnya, pengunjung menjalani serangkaian pemeriksaan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) kunjungan.

“Benda mencurigakan tersebut dilapisi isolasi hitam dan dimasukkan ke dalam tumis cumi,” ungkapnya.

Setelah penemuan tersebut, pihak Lapas segera melaporkannya kepada Kepala Lapas (Kalapas) Perempuan Kelas IIA Tangerang, Prihartati.

Sementara itu, Prihartati, Kalapas LPP, menekankan pentingnya bagi semua petugas Pemasyarakatan untuk memahami dan menerapkan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

“Ini adalah bentuk implementasi dari arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait 3+1 kunci Pemasyarakatan, yaitu melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban, berperan aktif dalam upaya pemberantasan narkoba, serta membangun kerjasama dengan Aparat Penegak Hukum ditambah dengan konsep Back to Basics yang mengembalikan fungsi Pemasyarakatan sesuai aturan dan SOP yang berlaku,” tegasnya.

Setelah itu, Kalapas segera menghubungi Kepolisian Resor (Polres) Kota Tangerang untuk mengambil tindakan lanjutan terkait peristiwa tersebut.

Atas penemuan sabu tersebut, Kalapas Perempuan Kelas IIA Tangerang mengingatkan seluruh petugas agar tetap waspada dan tidak lengah sedikit pun.

“Semoga kejadian ini dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu berhati-hati dan melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan,” harapnya.

( RD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.