Integrasi Posyandu dan Posbindu untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Kecamatan Ciledug

by -11 Views
SHARE DI SINI

Bangkitnews | Kota Tangerang, 3 April 2024 – Kecamatan Ciledug telah mengambil langkah progresif dengan mengintegrasikan kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) dan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) di berbagai kelurahan. Tujuan utama dari integrasi ini adalah untuk meningkatkan upaya promosi dan preventif dalam pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah tersebut.

Muhammad Marwan, yang menjabat sebagai Camat Ciledug, menjelaskan bahwa langkah integrasi ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan ke level kelurahan dengan melibatkan seluruh siklus kehidupan sebagai dasar pelayanan. Langkah ini juga menguatkan pemantauan situasi kesehatan di setiap kelurahan melalui dashboard yang disediakan. Dengan demikian, peran kader Posyandu sangat penting dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat di tingkat kelurahan.

Marwan menekankan bahwa transformasi pelayanan kesehatan di Posyandu saat ini difokuskan pada 5 langkah utama, yakni: pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pencatatan dan pemeriksaan, pelayanan kesehatan dan penyuluhan, serta validasi dan sinkronisasi data hasil pelayanan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan.

Untuk mendukung transformasi ini, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat turut menyediakan bahan bacaan bagi kader Posyandu dan memberikan pelatihan teknis untuk meningkatkan kompetensi dasar kader. Kompetensi ini mencakup 25 aspek yang terbagi sesuai dengan siklus kehidupan, mulai dari ibu hamil, bayi, balita, hingga lansia.

Selain itu, peran Posbindu juga diakui sebagai strategi penting dalam menanggulangi peningkatan kasus penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, stroke, dan lainnya.

Data dan penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesakitan dan kematian akibat penyakit ini telah melampaui tingkat penyakit menular, sehingga upaya pencegahan dan pengendalian menjadi sangat penting dalam upaya menciptakan masyarakat yang sehat dan produktif. ( ADV )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.