Optimalkan Pelayanan, Dinsos Kota Tangerang Gelar Pembinaan PSM dan TKSK

by -624 Views
SHARE DI SINI

BANGKITNEWS | KOTA TANGERANG, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang menggelar pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), yang dibuka langsung Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin, di Gedung Tangerang Convention Center (TCC), Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Rabu (22/5/24).

Kegiatan yang diikuti 982 PSM dan 13 TKSK se-Kota Tangerang ini menghadirkan narasumber dari Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat Nasional dan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial RI dan BPJS Ketenagakerjaan.
Pj. Walikota Tangerang hadir langsung dan membuka dan memberikan arahan pada kegiatan tersebut.
Pada kesempatan tersebut Pj. Walikota antara lain berharap melalui kegiatan pembinaan tersebut, para PSM dan TKSK dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam membantu masyarakat terkait urusan-urusan sosial dan kemasyarakatan.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani menuturkan, pembinaan PSM dan TKSK merupakan bagian penting dari upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Kota Tangerang, mulai dari sebagai ajang silaturahmi antar PSM dan TKSK, juga menjadi wadah pengembangan dan peningkatan kompetensi PSM dan TKSK dalam pelayanan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Dalam kegiatan ini, para PSM dan TKSK dibekali pengetahuan terkait penanganan permasalahan sosial. Karena memang, dinamika dan permasalahan sosial terus berkembang. Sehingga, perlu penanganan-penanganan yang membutuhkan teknis dan inovasi yang lebih lagi dalam pelayanan sosial itu sendiri,” ungkap Mulyani, usai membuka acara.

Lanjutnya, PSM dan TKSK dapat terus melaksanakan tugasnya, baik secara fungsi koordinasi, fasilitasi dan administrasinya. “Oleh sebab itu, PSM dan TKSK perlu mendapatkan peningkatan kompetensi atau kemampuan, pembinaan dan pengembangan kapasitas agar dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan semestinya,” katanya.

Sebagai informasi, PSM dan TKSK merupakan mitra pemerintah dan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial seperti pelaksanaan program-program sosial baik program pusat maupun daerah, PSM turut membantu dalan pelaksanaannya seperti penyaluran bantuan-bantuan kepada masyarakat di Kota Tangerang.

Sejak tahun 2017 Pemkot Tangerang telah memberikan insentif utk PSM dan saat ini insentif yang diberikan sebesar Rp 500 ribu per orang per bulan. Hal ini menjadi bukti nyata perhatian Pemkot Tangerang melalui Dinas Sosial kepada PSM sebagai mitra kerja Pemerintah/Pemerintah Daerah, serta langkah konkret untuk terus menangani permasalahan sosial di Kota Tangerang.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pemberian simbolis bantuan alat bantu disabilitas (kursi roda) kepada 5 orang penerima manfaat, penghargaan bagi PSM dan TKSK berprestasi serta doorprize dan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikokol Tangerang yang diserahkan langsung oleh Pj. Walikota didampingi Kepala Dinas Sosial. ( ADV )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.