Pemerintah Kota Tangerang Gelar Pekan Imunisasi Nasional Polio

oleh -687 Dilihat
SHARE DI SINI

BANGKITNEWS | Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang, Banten, telah meluncurkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak di 13 Kecamatan, dengan lokasi pelaksanaan tersebar di berbagai tempat strategis seperti sekolah dan taman tematik. Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin, menegaskan komitmen penuh dari semua pihak terkait untuk menyukseskan kegiatan ini, melibatkan tenaga kesehatan, kader posyandu, serta pihak sekolah.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni, mengungkapkan bahwa target sasaran imunisasi mencakup 245.257 anak usia 0-7 tahun, atau mereka yang lahir mulai 24 Juli 2016. Imunisasi dengan vaksin nOPV2 direncanakan dalam dua putaran, dimana dosis pertama akan dilaksanakan dari 23 hingga 29 Juli dengan sweeping berikutnya pada 30 Juli hingga 3 Agustus. Putaran kedua akan menyusul pada 6 hingga 12 Agustus, dengan sweeping pada 13 hingga 17 Agustus.

“Imunisasi Polio akan dilaksanakan di seluruh puskesmas, posyandu, rumah sakit, RSIA, klinik, sekolah, dan pos layanan imunisasi lainnya, dengan koordinasi dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang,” jelas dr. Dini.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya orangtua, untuk aktif dalam mendukung kegiatan ini dengan membawa anak-anak ke tempat-tempat imunisasi terdekat. “Imunisasi ini penting untuk melindungi anak-anak dari ancaman polio. Setiap tetes vaksin tidak hanya melindungi mereka, tetapi juga mencegah penyebaran penyakit ini di masyarakat,” imbuhnya.

Dr. Dini menekankan bahwa vaksin nOPV2 yang digunakan telah melewati evaluasi keamanan oleh Global Advisory Committee on Vaccine Safety (GACVS) dan Global Polio Eradication Initiative (GPEI), serta telah mendapat izin edar dari Badan POM dan WHO.

“Kami mengajak semua orangtua untuk tidak ragu dalam membawa anak-anak untuk divaksinasi. Ini adalah langkah penting dalam menjaga Indonesia tetap bebas dari polio,” tutup dr. Dini dengan seruan untuk bersama-sama melindungi masa depan anak-anak dan negara dari ancaman penyakit polio.( ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.