Site icon Bangkitnews.com

Tingkatkan Kompetensi SDM, DisperindagkopUKM Kota Tangerang Gelar Bimtek SIINas

SHARE DI SINI

Bangkitnews | Kota Tangerang- Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman mendalam mengenai penggunaan dan pemanfaatan Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) dalam mendukung aktivitas industri, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DisperindagkopUKM) Kota Tangerang menyelenggarakan Bimbingan Teknis SIINas yang berlangsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 15 hingga 17 Oktober 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Cisadane Kota Tangerang dan diikuti oleh 30 pelaku usaha dari berbagai sektor industri, mulai dari industri kecil hingga industri besar yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Bidang Perindustrian pada DisperindagkopUKM Kota Tangerang, Tuti Alawiyah menuturkan, Bimtek SIINas ini dilakukan untuk memberikan pendampingan sekaligus pelatihan kepada para pelaku usaha dalam mengisi dan melaporkan data industri semesteran melalui platform SIINas.

“Ini merupakan Bimtek Angkatan ketiga yang diselenggarakan di tahun 2024. Angkatan pertama telah dilaksanakan pada bulan Februari lalu dan angkatan kedua pada bulan Mei. Dengan adanya bimtek ini, kami berharap pelaku usaha dapat melaporkan data dengan lebih cepat, akurat dan sesuai standar yang telah ditetapkan,” ujar Tuti usai membuka Bimtek, Selasa (15/10/24).

“Kegiatan bimtek ini kedepannya akan direncanakan menjadi program rutin DisperindagkopUKM Kota Tangerang guna memastikan seluruh pelaku usaha dapat mengakses dan memanfaatkan SIINas dengan optimal,” tambahnya.

Bimbingan teknis ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Tangerang yang memberikan materi terkait penggunaan SIINas serta pemahaman mengenai pentingnya sistem informasi dalam meningkatkan daya saing dan transparansi industri.

Dihari kedua dan ketiga bimtek, para peserta melakukan praktek yang didampingi langsung oleh para narasumber mulai dari cara mengakses platform, mengisi data perusahaan, hingga memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada SIINas.

Sebagai informasi, SIINas merupakan platform digital yang dikembangkan oleh pemerintah pusat untuk memudahkan para pelaku industri dalam mengakses informasi terkait perizinan, produksi, serta pendataan industri secara nasional. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses bisnis pelaku usaha menjadi lebih efisien dan terintegrasi dengan regulasi yang ada. ( ADV )

Exit mobile version