BPBD Kota Tangerang Imbau Masyarakat Catat Nomor Kegawatdaruratan Jelang Musim Hujan

oleh -22 Dilihat
Pohon tumbang di Jalan MH Thamrin Kota Tangerang beberapa waktu lalu
SHARE DI SINI

Bangkitnews | Kota Tangerang – Merespons prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan bahwa wilayah Kota Tangerang akan mulai memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat. BPBD meminta agar warga mencatat dan menyimpan nomor-nomor emergency atau kegawatdaruratan yang bisa dihubungi dalam situasi darurat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Ubaidillah Ansar, menekankan pentingnya menyimpan nomor-nomor penting, khususnya nomor 112 yang merupakan call center layanan kegawatdaruratan bebas pulsa dan beroperasi selama 24 jam. Layanan ini mencakup berbagai kebutuhan darurat, termasuk permohonan ambulans gratis, penanganan kebakaran, kecelakaan, hewan liar, bencana alam, serta layanan mobil jenazah.

“Dengan mengetahui nomor ini, masyarakat bisa segera menghubungi jika ada situasi darurat, sehingga penanganan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat,” ujar Ubaidillah, Senin (14/10/24)

Ia juga mengimbau warga untuk mencatat nomor piket BPBD di 021-5582-144, serta nomor UPT lainnya seperti Ciledug, Cibodas, Batuceper, dan Periuk, yang semuanya aktif selama 24 jam.

Ubaidillah menegaskan pentingnya menyebarluaskan informasi ini ke seluruh anggota keluarga dan lingkungan sekitar agar semua pihak siap menghadapi situasi darurat. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko kerugian dan dampak yang tidak diinginkan selama musim penghujan.

Terkait prakiraan cuaca, berdasarkan data BMKG, Kota Tangerang diprediksi mengalami hujan ringan pada Senin sore dan Rabu siang, dengan kondisi cuaca cerah berawan pada hari-hari lainnya

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 22 hingga 34 derajat Celsius, dengan tingkat kelembapan udara antara 55-97 persen. Angin diprediksi bertiup dari arah selatan dengan kecepatan 0-12 km per jam.

Berikut prakiraan cuaca Kota Tangerang sepekan ke depan:

  • Senin: Cerah berawan pada pagi hingga siang, hujan ringan sore hari, dan kembali berawan pada malamnya.
  • Selasa: Cerah berawan hingga sore dan berawan di malam hari.
  • Rabu: Cerah berawan di pagi hari, hujan ringan siang hingga sore, kemudian berawan di malamnya.
  • Kamis: Diprediksi cerah berawan sepanjang hari.
  • Jumat: Full cerah berawan sepanjang hari.
  • Sabtu: Cerah berawan dari pagi hingga sore dan berawan pada malamnya.
  • Minggu: Berawan tebal hingga sore dan cerah berawan pada malamnya.

Imbauan ini menjadi langkah preventif dari Pemkot Tangerang untuk memastikan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana selama musim hujan. Selain itu, Pemkot Tangerang juga menyarankan masyarakat untuk mengunduh aplikasi TangerangLive sebagai sarana informasi terkini seputar layanan darurat dan cuaca di Kota Tangerang. ( ADV )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.