PWI Jawa Tengah Undang Zulmansyah ke UKW, Dukung Penuh Hasil KLB

oleh -491 Dilihat
SHARE DI SINI

Bangkitnews |SEMARANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah secara resmi menyatakan dukungan penuh terhadap hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PWI Pusat yang dilaksanakan di Jakarta pada 18-19 Agustus 2024. Dalam KLB tersebut, Zulmansyah Sekedang terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat dan Sasongko Tedjo sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

Pernyataan dukungan tersebut diungkapkan dalam rapat pleno diperluas yang digelar secara online melalui Zoom Cloud Meetings pada Senin (23/9) malam. Rapat dihadiri oleh pengurus harian PWI Jawa Tengah, dewan kehormatan, penasihat, dan hampir seluruh pimpinan PWI kabupaten/kota di wilayah tersebut.

Beberapa PWI kabupaten/kota yang tidak hadir karena bersamaan dengan kegiatan pengundian nomor urut calon kepala daerah, tetap menyatakan dukungan yang sama.

“PWI Jawa Tengah telah menyatakan sikap sejak awal untuk segera menyelesaikan persoalan di PWI Pusat. Hal ini juga sudah saya sampaikan langsung di hadapan Hendry Ch Bangun saat pelaksanaan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Semarang,” ujar Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud NS.

Menurut Amir, masalah yang berlarut di PWI Pusat semakin memperburuk citra organisasi di hadapan mitra-mitra kerja. Ia juga menyatakan, sebagai bentuk koreksi, PWI Jawa Tengah telah mengirim delegasi untuk mengikuti KLB di Jakarta. Delegasi tersebut diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi, Isdiyanto Isman, dan Sekretaris Setiawan Hendra Kelana. Selain itu, Ketua Dewan Kehormatan PWI Jateng, Sri Mulyadi, juga hadir sebagai peninjau.

“Kami juga tidak mengirimkan wakil saat defile pembukaan Porwanas XIV di Kalimantan Selatan sebagai bentuk sikap atas situasi di PWI Pusat,” tegas Amir. Menurutnya, sikap PWI Jateng sudah sangat jelas, mendukung hasil KLB yang sah dan sesuai dengan aturan organisasi.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jateng, Isdiyanto Isman, juga menyatakan bahwa dukungan terhadap hasil KLB harus total. “Kalau sudah sepakat dengan KLB, kita harus mendukung sepenuhnya hasil keputusan tersebut,” katanya. Isdiyanto menambahkan bahwa KLB dihadiri oleh 21 pengurus provinsi, yang berarti lebih dari separuh pengurus provinsi setuju dengan pelaksanaan KLB, sehingga secara organisasi, kekuatan KLB sudah sah.

Dalam kesempatan tersebut, Bakti Yudatama, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Wartawan PWI Jateng, mengusulkan agar Ketua Umum PWI Pusat hasil KLB, Zulmansyah Sekedang, diundang ke Jawa Tengah. Ia menyarankan undangan tersebut pada acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan segera digelar PWI Jawa Tengah.

Sejumlah pengurus PWI kabupaten/kota juga menyatakan dukungan serupa. Ketua PWI Kabupaten Pati, Noor Effendi, misalnya, menyatakan bahwa KLB adalah jalan yang benar untuk mengembalikan marwah organisasi. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PWI Purworejo, Ketua PWI Pemalang, dan Ketua PWI Kebumen melalui chat di Zoom.

“Kami mendukung sepenuhnya hasil KLB dan berharap PWI Jateng menyatakan sikap tegas melalui media massa,” tulis Ketua PWI Kebumen, Supriyanto.

Rapat pleno diperluas ini turut dihadiri oleh Ketua PWI dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, seperti Kota Tegal, Rembang, Jepara, Kabupaten Magelang, Kota Pekalongan, Batang, Blora, Kabupaten Tegal, dan Cilacap. Mereka semua menyatakan komitmen untuk menjalankan program-program PWI dan mendukung kepemimpinan hasil KLB.

Amir Machmud menutup rapat dengan menyatakan bahwa PWI Jateng tetap fokus pada program kerja yang sudah direncanakan, termasuk UKW dan kegiatan lainnya. “Kami berharap marwah organisasi kembali baik di mata publik dan semua mitra kerja,” tutupnya. ( anton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.