Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) Verifikasi Kota Sehat di Kecamatan Jatiuwung

oleh -238 Dilihat
SHARE DI SINI

Bangkitnews | Kota Tangerang – Dalam rangka mewujudkan Kota Tangerang yang sehat dari berbagai aspek, Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) melakukan verifikasi Kota Sehat tingkat Provinsi Banten di kelurahan Alam Jaya Kecamatan Jatiuwung, Senin (30/9/24). Verifikasi ini merupakan bagian dari upaya untuk menilai kesiapan Kota Tangerang dalam mewakili Provinsi Banten di ajang Kota Sehat tingkat nasional tahun 2024.

Penjabat Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menuturkan bahwa realisasi Kota Sehat merupakan salah satu langkah penting Pemerintah Kota Tangerang dalam mendukung visi kota yang sejahtera, berakhlakul karimah, dan berdaya saing.

“Kami yakin dan optimis Kota Tangerang dapat kembali mewakili Banten di ajang Kota Sehat tingkat nasional untuk yang keenam kalinya pada tahun 2024,” ujar Dr. Nurdin.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa dalam menghadapi verifikasi ini, Pemkot Tangerang tidak melakukan persiapan khusus. “Setiap hari, Kota Tangerang selalu bersinergi dalam mewujudkan visi Kota Sehat, sehingga proses verifikasi ini adalah bagian dari rutinitas kami menjaga kualitas lingkungan dan kesehatan kota,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Jatiuwung, EDIH, S.Sos, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan verifikasi tersebut. Ia menjelaskan bahwa proses verifikasi dilakukan bersama tim verifikator dari Pemerintah Provinsi Banten di wilayah Kecamatan Jatiuwung.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini dan siap mengikuti seluruh proses verifikasi,” ujarnya kepada awak media.

EDIH juga memaparkan bahwa penilaian Kota Sehat berdasarkan standar nasional mencakup empat indikator utama, yaitu Tim Pembina Kota Sehat, Forum Kota Sehat, Rencana Kerja Tim Pembina Kota Sehat, dan Rencana Kerja Forum Kota Sehat. Selain itu, terdapat sembilan tatanan kehidupan yang menjadi fokus penilaian, antara lain tatanan sehat mandiri, tatanan pemukiman, tatanan pendidikan, tatanan pasar, tatanan perindustrian dan perkantoran, tatanan pariwisata, transportasi, sosial, serta tatanan bencana.

“Dari sembilan tatanan tersebut, Kecamatan Jatiuwung sangat minim evaluasi dan layak untuk bersaing di tingkat nasional,” tambahnya dengan penuh keyakinan.

Dengan langkah-langkah ini, Kota Tangerang optimis akan terus meningkatkan kualitas kesehatannya dan mampu bersaing di ajang Kota Sehat tingkat nasional. ( ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.